KABUPATEN ACEH TIMUR

Selasa, 29 Maret 2011

Ibukota dari Kabupaten Aceh Timur adalah Idi Rayeuk. Kabupaten Aceh Timur terletak antara Kabupaten Aceh Utara dan Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten ini memiliki jumlah penduduk terbesar ke dua di Aceh. Terdapat beberapa suku (etnis) Aceh yang tinggal di daerah ini, seperti Suku Aceh, Suku Gayo dan Suku Tamiang. Suku Aceh merupakan suku utama yang tinggal di daerah ini. Suku Gayo tinggal di daerah pedalaman dan Suku Tamiang tinggal disekitar pantai menuju selatan. Mata pencaharian utama penduduk ini adalah pertanian, khususnya padi dan bercocok tanam (perkebunan).

Lambang Kabupaten Aceh Timur

Beberapa tempat menarik juga terdapat di Kabupaten Aceh Timur, seperti objek wisata alam dan objek wisata budaya yang memiliki keunikan dan nilai tambah tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke kabupaten ini. Objek wisata alam tersebut meliputi objek wisata air, seperti Pantai Kuala Beukah, Pantai Idi Cut, Sumber Mata Air Panas, Air Terjun Kreung Sikajang, Air Terjun Gunung Buluh dan lain-lain.

Objek wisata budaya meliputi wisata spiritual seperti Pekuburan Kuala Raja Muda yang merupakan Pekuburan Sultan Kerajaan Islam di Peureulak yang terletak di Desa Bandrong. Pekuburan Nurul A'la juga merupakan salah saru wsarisan sejarah dari Aceh Timur dan lain-lain.


1.  AIR TERJUN TERUJAK

Pesona Air Terjun Terujak

Objek wisata Air Terjun Terujak merupakan tempat wisata yang berudara sejuk serta mempunyai pemandangan hutan alam yang indah. Air Terjun Terujak berada di Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur. Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan kendaraan mobil ataupun sepeda motor. Di lokasi wisata ini, selain air terjun yang indah, terdapat juga tempat pemandian air panas yang bersumber dari belerang di lereng gunung dan juga terdapat tempat pemandian air dingin.


2.  PANTAI KUALA PAREK

Pesona Pantai Kuala Parek

Di Kecamatan Rantau Selamat terdapat sebuah objek wisata pantai yang sangat mempesona, yaitu Pantai Kuala Parek. Pantai ini terletak sekitar 12 Km dari ibukota Kecamatan atau kurang lebih 27 Km dari Kota Langsa. Untuk menuju ke lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan mempergunakan mobil dan dilanjutkan dengan menggunakan boat. Pantai ini merupakan wisata bahari yang memiliki pasir putih yang indah dan menawan.


3.  PANTAI KUALA BEUKAH

Pesona Pantai Kuala Beukah

Pantai Kuala Beukah terletak 10 Km dari Peureulak atau 59 Km dari Kota Langsa dan dapat dicapai dengan menggunakan minibus atau mobil pribadi. Pantai ini cukup panjang dan luas dengan air yang bersih. Pada hari-hari libur pantai ini sering dikunjungi oleh masyarakat Aceh Timur untuk piknik. Para pengunjung dapat berenang, memancing dan berbagai kegiatan pantai lainnya. Angin yang berhembus pelan dengan ombak Selat Malaka yang beralun lembut membuat pantai ini begitu mempesona.


4.  AIR TERJUN PAYA BILI

Air terjun Paya Bili terletak di Kecamatan BBirem Bayeum, sekitar 12 Km dari ibukota kecamatan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki waduk alam seluas 20 x 50 m. Sarana alam yang dapat dilalui kendaraan belum mencapai lokasi, maka pengunjung harus menyusuri jalan setapak sekitar 3 Km lagi untuk mencapai lokasi objek wisata ini. Alam sekitarnya masih asli dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk menikmati wisata alam.


5.  KERAJAAN ISLAM PEUREULAK

Makam Raja dari Kerajaan Islam Peureulak

Kerajaan Islam Peureulak merupakan kerajaan Islam pertama di Asia Tenggara. Kerajaan ini di dirikan pada tahun 840 M dengan raja pertama Sultan Alaidin Sayed Maulana Abdul Aziz (840 - 864 M) sisa-sisa peninggalannya yang masmih dapat ditemukan sekarang adalah Makam Sultan Sayed Maulana Abdul Aziz Syah dan istrinya serta makam Said Machdum Alaidin Malek Abdullah. Bekas kerajaan Islam Peureulak ini terletak 6 Km dari Kota Peureulak dan dapat dicapai dengan minibus, mobil dan sebagainya.


6.  PANTAI PUSONG KUALA IDI

Pantai Keutapang Mameh merupakan objek wisata bahari yang terletak di Kota Idi Rayeuk atau sekitar 63 Km dari Kota Langsa dan 1 Km dari ibukota Kabupaten Aceh Timur. Untuk menuju ke lokasi wisata tersebut dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.


7.  PANTAI KEUTAPANG MAMEH

Pantai Keutapang Mameh merupakan objek wisata bahari yang terletak di Kota Idi Rayeuk atau sekitar 63 Km dari Kota Langsa dan 1 Km dari ibukota Kabupaten Aceh Timur. Untuk menuju ke lokasi wisata tersebut dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.


8.  PANTAI MATANG ULIM IDI CUT

Pesona Pantai Matang Ulim Idi Cut

Pantai Matang Ulim Idi Cut terletak 2,5 Km dari ibukota kabupaten Idi Rayeuk atau 75 Km dari Kota Langsa dan dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan. Pantai ini panjangnya 1,5 Km dengan lebar pantai yang cukup luas. Sepanjang pantai ditumbuhi pohon cemara laut yang rindang dan memberikan kenyamanan jika panas siang hari. Angin laut yang berhembus sepoi-sepoi disela-sela pepohonan dan riak gelombang Selat Malaka yang tiada henti menghempas pantai membuat pantai ini begitu mempesona, terutama bila hari panas. Pengunjung biasanya betah berada di pantai ini sampai dore hari.


9.  PANTAI WISATA KUALA PEUDAWA

Pantai Kuala Peudawa merupakan wisata pantai terletak di Kecamatan Peudawa, jaraknya sekitar 58 Km dari Kota Langsa dan 6 Km dari Kota Idi Rayeuk dan 1,5 Km dari Kecamatan Peudawa. Sepanjang pantai ditumbuhi dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Untuk mencapai objek wisata dapat ditempuh dengan berbagai kendaraan.


10.  PANTAI WISATA MATANG RAYEUK SEUNEUBOK MEUKU

Pantai Wisata Matang Rayeuk Seuneubok Meuku merupakan pantai yang terletak di Kota Idi Rayeuk yang berjarak sekitar 59 Km. Untuk mencapai objek wisata dapat ditempuh dengan menggunakan berbagai kendaraan.


11.  PANTAI ALUR DUA MUKA

Objek wisata yang berlokasi di Kota Idi Rayeuk, berjarak sekitar 65 Km dari Kota Langsa dan 2 Km dari Pusat Kota Idi Rayeuk. Objek wisata ini cukup indah dan memiliki suasana alam yang alami. Untuk menuju ke lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan berbagai macam kendaraan.


12.  PANTAI KUALA GEULUMPANG

Pesona Pantai Kuala Geulumpang

Pantai Kuala Geulumpang merupakan objek wisata bahari dengan panorama pantai yang indah dan menawan dengan pasir putih bersih yang membentang disepanjang pantai. Objek wisata ini terletak si Kecamatan Julok yang berjarak sekitar 5 Km dari Kota Idi Rayeuk dan sekitar 80 Km dari Kota langsa.


13.  PANTAI KUALA SIMPANG ULIM

Pesona Pantai Kuala Simpang Ulim

Pantai Kuala Simpang Ulim merupakan objek wisata bahari yang terdapat di Kecamatan Kuala Simpang Ulim, sekitar 8 Km dari Kota Idi Rayeuk atau 100 Km dari Kota Langsa. Objek wisata ini sangat menarik untuk dinikmati dengan pulau kecil yang terletak di tengah-tengah Kuala.          

14.  PISANG SALE SIMPANG ULIM

Pusat Pertokoan Pisang Sale di Simpang Ulim

Pisang sale adalah camilan dari pisang segar yang dikeringkan dan kemudian diolah menjadi pisang sale. Pisang sale ini meupakan produk industri rumahan yang dijual hingga keluar daerah. Pisang sale dapat ditemui di daerah pertokoan maupun pasar tradisional di Kecamatan Simpang Ulim.  

0 komentar:

Posting Komentar