KOTA LANGSA

Senin, 14 Maret 2011

Secara topografi Kota Langsa terletak pada dataran aluviasi pantai dengan elevasi berkisar asekitar 8 m dari permukaan laut di bagian barat daya dan selatan dibatasi oleh pegunungan lipatan bergelombang sedang, dengan elevasi 75 m, sedangkan di bagian timur merupakan endapan rawa-rawa dengan penyebaran cukup luas.
 Lambang Kota Langsa
Kota Langsa merupakan bekas dari sebagian wilayah Kabupaten Aceh Timur, berada kurang lebih 400 Km dari Kota Banda Aceh. Kota Langsa sebelumnya berstatus Kota Administratif, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 1991 tentang Pembentukan Kota Administratif Langsa. Langsa kemudian ditetapkan statusnya menjadi Kota dengan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2001, tanggal 12 Juni 2001.


1.  HUTAN KOTA LANGSA
Pesona Hutan Kota Langsa
Hutan Kota Langsa adalah salah satu potensi yang luput dari pengamatan penyusunan awal untuk direncanakan sebagai fasilitas ruang terbuka hijau di Langsa, terletak di Kelurahan Paya Bujuk Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro dengan luas areal 10 hektar dan menyisakan sedikit tegakan beberapa jenis tanaman hutan di daerah Aceh.


2.  KOLAM RENANG ALAM PONDOK KEMUNING

Pesona Kolam Renang Alam Pondok Kemuning

Kolam Renang Alam Pondok Kemuning adalah Objek Wisata yang terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Langsa Baru dengan pemandangan sangat exotis yang diapit oleh perbukitan yang tinggi. Suasananya khas dan masih asri dengan kicauan burung, biasa dipergunakan untuk perkemahan Pramuka disamping iru ada sebuah kolam pemancingan yang berdekatan dengan lokasi kolam renang ini. Kolam pemancingan terletak di Desa Gampong Baro Kecamatan Langsa Lama sekitar 3 Km dari Kota Langsa.


3.  TAMAN BAMBU KUNING 

Taman Bambu Runcing yang terletak di tengah-tengah Kota Langsa dan berhimpitan dengan Lapangan Merdeka. Setiap sore hari ibu-ibu rumah tangga banyak membawa anak-anak mereka bermain di dalam lokasi taman ini yang merupakan objek wisata bermain bagi anak-anak.


4.  PANTAI KUALA GEULUMPANG

Pesona Pantai Kuala Geulumpang

Pantai Kuala Geulumpang merupakan objek wisata bahari dengan panorama pantai yang sangat indah menawan dengan pasir putih bersih yang membentang sepanjang pantai. Objek wisata ini terletak di Kecamatan Julok yang berjarak 5 Km dari ibukota Kecamatan dan dari Kota Langsa berjarak sekitar 80 Km. Untuk menuju ke lokasi wisata dapat dilalui dengan kendaraan. Pantai Kuala Geulumpang ini sangat cocok untuk wisata akhir pekan bersama keluarga.


5.  PANTAI KUALA PAREK

Pesona Pantai Kuala Parek

Pantai Kuala Parek terletak di Kecamatan Rantau Selamat, Kota Langsa. Pantai ini terletak sekitar 12 Km dari ibukota Kecamatan atau sekitar 27 Km dari Kota Langsa. Untuk menuju ke lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan mempergunakan kendaraan dan dilanjutkan dengan menggunakan boat. Pantai ini merupakan wisata bahari yang memiliki pasir putih yang indah dan menawan.


6.  PANTAI MATANG ULIM IDI CUT

 Pesona Pantai Matang Ulim Idi Cut

Pantai Matang Ulim Idi Cut terletak sekitar 2,5 Km dari ibukota Kecamatan Idi Rayeuk, atau sekitar 75 Km dari Kota Langsa dan dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan. Pantai ini panjangnya sekitar 1,5 Km dengan lebar pantai yang cukup luas. Sepanjang pantai ditumbuhi pohon cemara laut yang rindang dan memberikan kenyamanan jika panas siang hari. Angin laut yang berhembus sepoi-sepoi disela-sela pepohonan dan riak gelombang. Selat Malaka yang tiada hentinya menghempaskan pantai membuat pantai ini begitu mempesona, terutama bila hari panas. Pengunjung biasanya lebih betah berada dipantai ini sampai sore hari.

1 komentar:

Bachtiar Ersa mengatakan...

Temukan berbagai macam informasi wisata yang ada di Indonesia beserta makna/arti/cerita tentang wisata tersebut yang ada di indonesia
Dan juga artikel-artikel tentang wisata di wisataIndonesiaraya.com dan like page facebook wisataIndonesiaraya.com

Posting Komentar